BREAKING

Tempat Mustajabah di Masjidil Haram


Perjalanan umrah atau haji harus mengetahui tempat dimana yang mustajabah untuk berdoa, banyak saudara atau teman _ teman yang ingin didoakan di tempat yang mustajab di mekkah , Tak jarang diantara jamaah umroh maupun haji masih kebingungan , Dimana saja tempat yang paling mustajab untuk berdoa di makkah. Nah ingatlah bahwa ada 7 tempat mustajabah di Masjidil haram..
1_ Multazam "
Multazam adalah sebuah tempat diantara Hajar Aswad dan Pintu Ka'bah . Tempat ini diyakini oleh semua Ulama sebagai tempat yang paling mustajab untuk berdoa di sekitar Ka'bah . Hal ini didasari dengan sebuah hadits riwayat sahabat Abdullah Bin Abbas , Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :
"Multazam adalah tempat dikabulkannya do'a . Tak ada satu pun do'a seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan "( HR . Ahmad )
Tak heran , jika banyak sekali orang _ orang yang berdesak _ desakan hanya untuk dapat berdoa di Multazam ini . Jika memang kondisinya tidak memungkinkan , lebih baik jangan dipaksakan , Karena bisa jadi anda mengejar sunnah namun malah dosa yang anda dapatkan karena dengan berdesak _ desakan bisa melukai dan menyakiti perasaan sesama muslim .

2_ Hijir Ismail "
Tempat ini juga tidak kalah ramainya dengan Multazam , karena tempat ini adalah tempat favorit kedua setelah Multazam . Tak jarang di tempat ini selalu penuh sesak dengan jamaah yang ingin sholat dan berdoa disana .
Dulunya , Hijir Ismail .memang masih termasuk bagian dari Ka'bah . Sholat di Hijir Ismail sama saja .dengan anda sholat di dalam Ka'bah . Pernah ada cerita menarik , Waktu itu ada seorang ustadz yang sholat di Hijir Ismail , Namun sholatnya tidak menghadap Ka'bah melainkan membelakangi Ka'bah . Para polisi yang bertugas di sekitar Hijir Ismail langsung menggiring ustadz tidak ternama tersebut ke bagian Kantor Halah Amar Ma'ruf Nahi Munkar yang berada di Masjid Haram .
Namun jawaban seorang Syekh Masjidil Haram sungguh mencengangkan para polisi yang menangkapnya . "Lepaskan orang ini , Karena memang sholat di Hijir Ismail boleh menghadap dengan membelakangi Ka'bah . Dulunya Hijir Ismail ini adalah Ka'bah ".
Jadi memang diperbolehkan untuk sholat menghadap kemana saja sewaktu di Hijir Ismail . Dan akhirnya ustadz tersebut dilepas , polisi yang menggelandangnya pun meminta maaf .

3_ Di bawah Pancuran ( Talang Emas ) "
Di area Hijir Ismail ada sebuah tempat yang mana dulunya istri Nabi Ibrahim dan anaknya . Nabi Ismail pernah tinggal disitu , tempat ini ditandai dengan sebuah pancuran yang terbuat dari emas .
Dibawah pancuran atau talang emas ini ada salah satu tempat yang .paling mustajab jika kita berdoa disana . Pada .waktu hujan turun para jamaah biasanya akan berebutan mengambil air yang jatuh dari talang emas tersebut .
Jadi setelah anda sholat dan berada di Hijir Ismail jangan langsung keluar dari area tersebut , seyogyanya sempatkan sebentar untuk berdoa di bawah talang emas

4_ Belakang Maqam Ibrahim "
Tempat paling mustajab selanjutnya adalah di belakang maqam Ibrahim . Biasanya setelah melaksanakan thawaf tuju kali para jamaah haji dan umrah akan melakukan sholat dan berdoa di belakang Maqam Ibrahim ini .
Dalam kitab Qadhaya fi al Hajj wa al Umrah , Dr . Abla Muhammad Al Kahlawi mengatakan bahwa "di antara fadhilah Maqam Ibrahim adalah dikabulkannya setiap do'a yang dipanjatkan ditempat tersebut ".

5_ Sewaktu Mengerjakan Sai "
Sai adalah salah satu rangkaian dari ibadah umrah dan haji . Walaupun tempat sai bukan termasuk termasuk dari Masjidil Haram namun tempat ini juga termasuk tempat paling mustajab . Perlu anda ketahui , bahwa ibadah thawaf dulunya yang memulai dan mencontohkan adalah para Malaikat .
Sedangkan ibadah Sa'i yang mencontohkan pertama kali adalah Ibunda Nabi Ismail yang bernama .Siti Hajar . Dalam kitab _ kitab sejarah Islam dikatakan bahwa Siti Hajar berlari _ lari antara bukit Shafa dan Marwa 7 putaran untuk mencarikan air buat anaknya , Nabi Ismail , yang ketika .itu masih bayi .
Jika anda sedang berhaji atau berumrah dan sedang melaksanakan Sa'i maka sudah seharusnya untuk berdoa di tempat ini , Karena juga merupakan tempat .yang...mustajab .

6_ Di bukit Shafa "
Shafa adalah tempat star atau dimulainya Ibadah Sa'i , para jamaah biasanya akan berdoa disini sebelum prosesi ibadah Sai dimulai .
Jangan lewatkan untuk berdoa di Shafa karena tempat ini adalah tempat paling mustajab di sekitar Masjidil Haram .

7_ Di Bukit Marwa "
Sedangkan Marwa adalah tempat dimana Sai.berakhir dan biasanya para .jamaah akan bertahallul atau memotong rambut di tempat .ini setelah semua proses Ibadah Umrah selesai .
Demikian beberapa tempat yang paling mustajab yang ada di area Masjidil Haram Mekkah , perluh kita ketahui bahwa semua doa pasti akan diijabahi oleh Allah SWT dan dimanapun tempatnya juga Allah pasti akan mendengar doa kita . Namun kita hanya mengambil contoh dari Rasulullah SAW , Para Sahabat , Dan Tabi'in yang pernah beribadah di area yang disebutkan diatas .
Dan tentang kabulnya dos itu tetap menjadi otoritas penuh Allah SWT karena hanya Allah SWT yang paling mengetahui hal _ hal yang baik bagi hamba _ hamba _ Nya . Kita hanya berikhtiar maksimal dalam berdoa dan memohon kepadaNya .
Semoga bermanfaat .

Admin ""

Silahkan kirim tanggapan dan komentar untuk saling berbagi informasi dan inspirasi, trimakasih

.

TURUT BERDUKA CITA

SELAMAT TINGGAL KIYAIPUBLIKA.CO.ID, Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka kembali menerpa umat Islam Tanah Air. Mantan imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya’qub meninggal dunia pagi ini, Kamis (28/4). Pengas uh Pesantren Darussunnah, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan ini wafat pada pukul 06.00, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

Cendekiawan Muslim, Prof Dr Didin Hafidhuddin yang saat ini sedang berada di Tokyo, Tepang, kaget mendengar berita meninggalnya mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, tersebut. ''Innaalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Saat ini saya sedang berada di Tokyo, Jepang. Saya benar-benar kaget mendengar meninggalnya Prof KH Ali Mustafa Yakub. ''Semoga almarhum diterima iman, Islam dan amalnya, serta diampuni segala dosa dan kesalahannya,'' tulis didin kepada republika.co.id melalui short message servica.

 
Copyright © 2013 AQSAPOS.COM
Design by asqagrup | Distributed by aqsagrup.