BREAKING

Tempat Ziarah di Mekah

Mekkah sebagai tanah suci memiliki tempat-tempat bersejarah, yaitu :
1. Rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang berada di kampung Suqelleil. Sekarang rumnah tersebut digunakan sebagai perpustakaan.
perpustaan
2. Rumah bekas kediaman Siti Khadijah binti Khuwallid, yang terletak di gang Al-Hajar di lingkungan pasar kota Mekkah. Sekarang rumah itu digunakan untuk Madrasah Hafal Al-Qur’an. Di rumah ini pula Rasul saw. menyampaikan berita tentang wahyu pertama yang turun di Jabal Nur.
rumah Siti Khadijah
3. Jabal Nur (Gua Hira’). Terletak 8 km sebelah utara Masjid Al-Haram. Di gunung inilah Rasulullah SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui malaikat jibril.
Gua Hira' di jabal Nur
4. Jabal Tsur. Terletak 6 km sebelah selatan Mekkah. Di gunung ini Rasulullah saw. bersama sahabat beliau, Abu Bakar r.a., berlindung ketika dikejar oleh kaum Quraisy dalam perjalanan hijrah ke Madinah.
jabal Tsur
5. Makam Ma’ala. Kuburan umum yang terletak di kampung Ma’ala. Menurut riwayat, di Ma’ala ini terdapat kuburan Khadijah r.a., istri Rasulullah SAW dan sahabat-sahabat beliau yang lain. Tempat ini sekarang sebagai makam umum bagi yang meninggal di Mekkah.
Makam Ma'ala
6. Ji’ronah. Tempat ini adalah suatu tempat yang terletak di 16 km dari Kota Mekkah. Di tempat ini terdapat sebuah masjid dan sumur yang bernama Bir Thoflah. Menurut riwayat, sumur tersebut terjadi karena Rasulullah SAW menukikkan tongkatnya ke tanah pada masa Husain bersama pejuang muslim sehingga keluarlah air yang kemudian beliau bagikan kepada para pejuang muslim tersebut. Adapun nama Ji’ronah adalah nama seorang wanita yang mengabdikan dirinya untuk memelihara kebersihan masjid tersebut.
Ji'ronah
7. Jabal Rahmah/Arafah. Bukit ini berada di Padang Arafah. Menurut kisah, di sinilah Adam dan Hawa bertemu setelah keluar dari Taman Firdaus, keduanya berpisah sekitar 100 tahun dan kemudian bertemmu di bukit ini. Di bukit ini didirikan tugu untuk menandai lokasi pertemuan mereka. Di tempat itulah Rasulullah SAW. mengucapkan pidato wukuf dan menerima wahyu terakhir (QS. Al-Maidah : 2). Di Padang Arafah ini jama’ah melakukan wukuf sebagai salah satu rukun haji. Di tempat ini terdapat pula sebuah masjid besar yang dipakai hanya pada waktu wukuf saja. Masjid itu bernama Masjid Namirah.
Jabal Arafah
8. Mina. adalah nama sebuah kota tua yang terletak di luar kota Mekkah sekitar 5 km. Di tempat ini jama’ah haji melaksa
nakan salah satu dari wajib haji, yaitu mabit dan melontar tiga jumrah (Aqabah, Ula, dan Wusta).
Lempar Jumrah
Rujukan : Thohir Luth, Syariat Islam tentang Haji & Umrah, 2004, Jakarta: Rineka

Admin ""

Silahkan kirim tanggapan dan komentar untuk saling berbagi informasi dan inspirasi, trimakasih

.

TURUT BERDUKA CITA

SELAMAT TINGGAL KIYAIPUBLIKA.CO.ID, Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka kembali menerpa umat Islam Tanah Air. Mantan imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya’qub meninggal dunia pagi ini, Kamis (28/4). Pengas uh Pesantren Darussunnah, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan ini wafat pada pukul 06.00, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

Cendekiawan Muslim, Prof Dr Didin Hafidhuddin yang saat ini sedang berada di Tokyo, Tepang, kaget mendengar berita meninggalnya mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, tersebut. ''Innaalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Saat ini saya sedang berada di Tokyo, Jepang. Saya benar-benar kaget mendengar meninggalnya Prof KH Ali Mustafa Yakub. ''Semoga almarhum diterima iman, Islam dan amalnya, serta diampuni segala dosa dan kesalahannya,'' tulis didin kepada republika.co.id melalui short message servica.

 
Copyright © 2013 AQSAPOS.COM
Design by asqagrup | Distributed by aqsagrup.